Friday, May 26, 2017

Pengalaman Magang di Bank Muamalat Kantor Cabang Pembatu Sibuhuan

Kemarin saya Iseng-iseng bongkar berkas-berkas lama dan secara tidak sengaja menemukan "laporan magang" waktu saya magang di Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Sibuhuan. Bank Mumalat Kantor Cabang Pembantu Sibuhuan adalah Cabang dari  Bank Muamalat Kantor Cabang Padangsidimpuan.

Sekilas tentang Bank Muamalat adalah PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk didirikan pada 1 November 1991 atau 24 Rabius Tsani 1412 Hijriah. Diprakarsai oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Pemerintah Indonesia, dan memulai operasinya pada 27 Syawal 1412 Hijriah atau 1 Mei 1991. PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk adalah Bank Berbasis Syariah pertama di Indonesia.

Bank Muamalat

Baca : Info lengkap Profil PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk.

Akhir dari kegiatan bongkar-bongkar berkas tersebut penulis merasa penting untuk membagikan pengalaman ketika magang dulu di Bank Muamalat. Mungkin bisa menjadi informasi yang berguna bagi teman-teman semuanya.

Pada waktu itu bulan Desember (saya lupa tanggalnya) kami diberangkatkan ke lokasi. Istilah resminya diberangkatkan tapi nyatanya kami berangkat sendiri ke sana naik motor. Butuh waktu 4-5 jam untuk sampai disana (Kota Sibuhuan) dari Kota Padangsidimpuan. Belum lagi waktu kami berbengkel motor hampir 2 jam an di wilayah Paluta. Jadi hampir 6-7 jam an lah biar sampe di sana.

Sampai disana, salam-salaman dengan para pegawai bank muamalat, minta izin magang sama kepala KCP Bank Muamalat. Pamitan,,,,

Hal berikutnya yang kami (saya dan seorang teman ) lakukan adalah mencari tempat kos-kosan yang murah. Nyari sana-sini sampai malam hari kami belum juga bisa menemukan tempat kos-kosan yang dimaksud. Waktu itu teman kami yang satu lagi yang cewek (kami yang magang jumlahnya 3 orang) udah punya kos-kosan. Dia Emang pintar, nyari tempat kos, sebelum tiba waktu magang. Nah, disamping kosannya ada kosan yang kosong, dia minta izin sama yang punya kos, dan kami di izinin tinggal disana tapi hanya satu malam.

Besoknya kami cari kosan lagi setelah pulang dari magang. Busssyyettt,,,,Sewa kos-kosan disana mahal amat guys,,,, paling murah Rp 500.000 sebulan. Kalau kalian 2 orang, bisa bagi 2 tuh, Rp 250.000 / orang/bulan.

Kalau tempat makan enaknya memang cari rumah makan yang bisa bayar makan sebulan. Disana (dekat MAN 1) Sibuhuan ada tempat makan yang lumayan ramai juga pengunjungnnya yang bisa jadi tempat anda bayar makan. 300.000 an lah sebulan. 2 kali makan sehari.

Kalau makan terbang, biayanya lebih mahal, antara Rp 8000 -12.000 sekali makan. Bayangin berapa sebulan tuh.

Kalau udah ketemu kos an dan tempat magang, baru enak tuh yang magang. Bisa fokus dan ngejrenk...

Selama magang kita harus ngisi Absen Kegiatan Harian Magang yang disediakan oleh kampus, Fotokopikan 30 lembar atau lebih. Isikan langsung setelah magang atau pas nyantai setelah makan malam, supaya jangan kelupaan maksudnya.

Secara garis besarnya sih, kegiatan kami selama 3 minggu magang di sana bisa dibagi ke tiga kategori kegiatan :

  1. Mempelajari segala yang ada pada bagian Back Office. 
  2. Belajar segala yang ada di bagian Front Office (CS, Teller, dan Security bahkan hehe)
  3. Promosi Produk ke lapangan.
Apa yang isikan dalam daftar Absensi Kegiatan Harian Magang Pada Bank Muamalat Cabang Pembantu Sibuhuan?

Ini dia :
  1. Senin /na-12-na   : Pengantar oleh pihak Sekolah yang diwakili oleh Bapak Putra Halomoan dan kawannya. Dan juga perkenalan dengan staff promosi yanhg ada di Bank Muamalat.
  2. Selasa/na-12-na   : 1. Diskusi tentang penerapan akad-akad perbankan di dalam Bank Syariah seperti Murabahah dan juga sebab-sebab dibatalkannya dana talangan haji dengan bang Rafles. 2. Memfotocopy modul tentang produk-produk Bank Muamalat beserta syarat-syaratnya. 3. Menge lem Ban Uang. 4. Belajar input data pembiayaan dan juga tentang likuidasi nilai jaminan oleh Bank dari Bang Hanafi yang bertugas di Bagian Back Office.
  3. Rabu/na-12-na   : 1. Membantu Bang Rafles mengurus surat Pembatalan dana talangan haji ke Departemen Agama Republik Indonesia Kantor Sibuhuan. 2. Belajar tentang bidang pekerjaan Teller Bank dari Kak Ika yang bertugas di bagian Teller Bank Muamalat Indonesia KCP Sibuhuan.
  4. Kamis/na-12-na  :1. Belajar tentang cara pengisian mesin ATM dari Kak Ika yang bekerja di bagian Teller.  2. Mempelajari pembiayaan dari Bang Rafles dan Bang Roji' yang bekerja sebagai Relation Manager di Bank Muamalat KCP Sibuhuan. 3. Belajar tentang konsep Perbankan Syariah dari Bang Dzulkifli selaku pimpinan di BMI KCP Sibuhuan.
  5. Jumat/na-12-na : 1. Membantu-bantu beberapa nasabah untuk penyetoran uang sekolah. 2. Membantu Bang Rafles mengurus berkas pembatalan porsi haji.
  6. Senin/na-12-na : 1. Bantu-bantu nasabah mengisi formulir/slip setoran atau mengajari nasabah mengisi slip setoran. 2. Membantu Bang Rafles mengurus surat pembatalan porsi haji ke Departemen Agama Sibuhuan. 3. Menyusun formulir pendaftaran nasabah.
  7. Selasa/na-12-na : 1. Melakukan penagihan bersama Bang Fakhrur Rozi ke masyarakat yang ada di sekitar Bank Muamalat ke Desa Hasahatan, dll. 2. Melakukan penaggihan bersama Bang Fakhrur Rozi yang bekerja di bagian Relation Manager / Marketing Lending, diskusi tentang bidang tersebut.
  8. Rabu/na-12-na : 1. Bersama Bang Asnan mengurus pajak tanah dan bangunan ke Kantor Pajak. 2. Bersama Bang Rafles mengantarkan berkas pernyataan pembatalan porsi haji. Ada sedikit salam pemahaman oleh nasabah. Nasabah sebenarnya mampu membayar sehingga surat pembatalan haji tak jadi direalisasikan.
  9. Kamis/na-12-na : 1. Bersama Bang Asnan menjemput slip setoran ke loket Taxi Kita Bersama Dolok Sordang. 2. Bersama Bang Hanafi ke notaris mengurus surat/berkas pembiayaan nasabah. 3. Bersama Bang Fakhrur Rozi menagih ke nasabah yang terlambat malakukan penyetoran.
  10. Jumat/na-12-na  : 1. Bantu-bantu nasabah melakukan penyetoran. 2. Membantu Bang Rafles mengurus berkas porsi haji, mengantarkannya ke tempat/alamat rumah nasabah pembiayaan haji yang menggunakan akad Qardh. 3. Bantu-bantu nasabah melakukan penyetoran.
  11. Senin/na-12-na : 1. Bantu-bantu nasabah mengisi form setoran. 2. Mengajari nasabah cara megganti nomor pin ATM.
  12. Selasa/na-12-na : 1. Mencari nasabah yang mau menabung di Bank Muamalat Cabang Pembantu Sibuhuan. 2. Bersama Bang Rafles mengurus surat talangan haji nasabah.
  13. Rabu/ na-12-na : 1. Membantu Bang Rafles mengurus Surat pembatalan Talangan Haji ke Departemen Agama Kota Sibuhuan. 2. Melakukan promosi produk tabungan ke Wilayah Mompang, Hasahatan Julu, dan daerah sekita SMA N 1 Sibuhuan. 3. Menjemput Tabungan Nasabah bersama Bang Asnan ke wilayang Latong.
  14. Kamis/ na-12-na : 1.  Funding ke daerah sekitar rumah makan Arambir Napitu dan juga ke masyarakat yang istirahat di sekitar mesjid raya pasar.
  15. Jum'an/na-12-na : Mengurus Surat-surat magang sekaligus penjemputan. Mengurus surat ke kantor Notaris di Padang Luar bersama Bang Hanafi.

Setelah selesai magang, kerjaan kita belum selesai karena kita masih harus nyusun laporan magang. Walaupun sebenarnya itu hanya formalitas semata. 

Tapi, yang paling berkesan bagi saya sewaktu magang bukanlah kegiatan-kegiatan magang tersebut melainkan bertemu orang-orang baru dengan pola pikir yang berbeda. Main catur bareng pegawai Bank Muamalat, dan juga teman-teman di tempat kosan kami yang tingkahnya unik-unik.

Hanya segitu Pengalaman Magang di Bank Muamalat KCP Sibuhuan yang bisa saya bagikan.
Semoga Artikel ini  bermanfaat.



1 comment:

  1. halo Pak. sy tertarik dengan artikel ini.
    kebetulan penempatan kerja saya yang baru di Sibuhuan. apa bisa saya minta alamat kost2an Bapak (utk cowo) pada saat bapak di Sibuhuan?
    karena Februari 2018 sy akan penempatan di Sibuhuan. Thx

    ReplyDelete