Friday, February 10, 2017

Tips Memancing Ikan Nila dan Mujair di Sungai Paling Ampuh

Aktifitas memancing ikan nila dan mujair di sungai tergolong susah susah gampang. Banyakan susahnya daripada gampangnya. hehe (becanda). Apalagi ikan nila dan ikan mujair sungai tergolong susah untuk dipancing karena makanan disungai tersedia banyak untuk ikan. Beda halnya dengan mancing ikan nila atau mujair di kolam pemancingan yang cenderung ikannya mudah dipancing.

TIPS 1 : Menentukan Spot Memancing Ikan Nila dan Mujair di Sungai

  • Cari tempat dimana airnya tenang (bukan ditempat yang berarur) dan juga dalam. Air yang tenang, dalam, dan tidak berarus kemungkinan besar akan dihuni banyak ikan. Termasuk mujair dan nila sangat senang di air yang kondisinya seperti itu.
  • Cari Spot yang ada liangnya. Karena liang di sungai menjadi tempat bersembunyinya ikan kalau ikan merasa terancam. Pernah ada orang yang dapat ikan lele seberat 7 kg di liang-liang sungai di dekat Sungai Tanggal
  • Ditempat air berputar juga sangat digemari ikan nila dan mujair.

TIPS 2 : Tentukan Rangkaian Mancing Nila dan Mujair 

  •  Pake Pelampung ( Teknik Menggantung)

Rangkaian Mancing Ikan Nila dan Mujair
Rangkaian Mancing Ikan Nila dan Mujair
Cara ini sangat cocok untuk kondisi air sungai yang jernih, bersih dan tidak terlalu berarus. Perlengkapan yang diperlukan:
  1. Mata Kail Ukuran No. 3
  2. Stopper
  3. Pemberat Ukuran Paling Kecil 1 atau 2 (agar umpan jatuh kedasar sungai)
  4. Pelampung
  •  Pake Timah Pemberat (Mancing Dasaran)

Rangkaian Mancing Ikan Nila dan Mujair di Air Arus Deras
Rangkaian Mancing Ikan Nila dan Mujair di Air Arus Deras

Cara ini sangat cocok untuk memancing ikan nila dan mujair di air sungai yang berarus dan juga keruh. Perlengkapan mancing yang dibutuhkan:
  1. Mata Kail Ukuran No. 3
  2. Pemberat yang besar (tujuannya agar umpan jatuh ke dasar sungai tanpa terbawa arus)
  3. Stopper

TIPS 3 : Umpan Mancing Ikan Nila dan Mujair

  • Cacing Tanah, Cacing Sampah, Cacing Pasir Sungai

    Menurut saya ketiga jenis umpan ini sama saja, sama-sama manjur sama sama ampuh. Tapi kalau seandainya ada kuning telur di rumah, bawa dikit aja ke tempat mancing. Lalu celupkan cacing tanah ke kuning telur kocok tadi pada saat umpan akan di lempar. Kuning telur bebek mungkin lebih sedap menurut ikan.

    Umpan cacing tanah atau goya (bahasa bataknya) sangat bagus untuk memancing di air sungai yang keruh. Dibandingkan dengan lumut, umpan cacing lebih diminati ikan di air keruh.

    Dari pengalaman saya mancing, ikan nila paling banyak dapatnya dari umpan cacing tanah ini.
  • Lumut

    Umpan lumut juga diminati ikan nila dan mujair. Lumut yang paling bagus itu adalah lumut kasar yang bisa kita dapat dipinggir sungai, di parit-parit sawah, dll. Hindari memakai umpan lumut yang dibeli, gak akan ada ikan yang mau gan, apalagi lumut buatan yang halus.

    Bagusnya umpan lumut ini adalah ikan langsung nyambar dan bawa kabur umpan (strike). Dan biasanya ikan juga langsung lengket di mata kail.

    Kekurangannya, umpan lumut tidak ampuh dipakai di kondisi air keruh.

    Selain itu, bagi saya mendapatkan umpan lumut yang alami sagak susah di tempat saya. Di sawah-sawah orang pun sekarang hampir tidak ada lumutnya.

    Yang kadang ngejengkelin juga adalah ikan sapu-sapu sangat suka dengan umpan lumut. Dikirain yang strike ikan nila ukuran jumbo, eh ternyata ikan sapu-sapu.fuck
  • Pelet

    Pelet juga kadang mau disambar ikan nila ataupun mujair bahkan ikan mas sungai. Tapi paling sering pengalaman saya umpan pelet ini disambar oleh ikan sapu-sapu.

    Sekarang ini, daripada menggunakan pelet sebagai umpan langsung, saya lebih memilih menggunakan pelet sebagai pemanggil ikan ke spot yang ditentukan. Pelet di sebar di tempat yang kita ingin pancing, tak lama kemudian ikan akan pada ngumpul di sana, semua jenis ikan termasuk sapu-sapu.
TIPS 4 : SABAR DAN FOKUS
Sabar dan Fokus adalah sifat utama seorang pemancing. Disini juga nikmatnya memancing itu, membuat kita menjadi orang yang lebih sabar dan lebih bisa fokus.

Kalo gak sabar, sikit-sikit umpan diangkat, sikit-sikit umpan diangkat, umpan diangkat kok sikit-sikit (hehe). Sabar adalah kunci dalam memancing ikan dan mujair, tunggu sampai ada tanda-tanda umpan sedang dimakan seperti pelampung bergerak masuk ke dalam air. Kadangkali umpan cuma bergerak dikit ke dalam air tapi ternyata sedang dimakan. Kalau begini, langsung sentakkan jorannya dan strike (assyeeekkkk...)

Kita juga harus fokus saat memancing ikan nila dan mujair. Tatapan harus selalu tertuju ke pelampung, menunggu sampat ada tanda-tanda.

Pengalaman saya mancing pernah 5 jam saya mancing dengan target ikan nila dan mujair tapi yang dapat gak ada sama sekali alias ZONK.  Sapu-sapu malah yang strike 4 kali. Walaupun keadaannya begini, besoknya masih mancing lagi dong. Tentunya.

6 comments: