Tuesday, September 13, 2016

Tips Berwirausaha dari Pakar Wirausaha Indonesia

Berikut di bawah ini adalah tokoh Enterpreneuship atau wirausahawan-wirausahawan sukses yang ada di Indonesia. Mereka ini adalah orang-orang yang pantas kita jadikan contoh teladan dalam berwirausaha.

Sebagai calon wirausahawan, kita sebaiknya mendengar nasihat-nasihat mereka dan pola pikir mereka agar kita juga bisa sukses berwirausaha.

1. Bob Sadino

Bambang Mustari Sadino atau yang akrab disapa Bob Sadino lahir di Tanjung Karang (sekarang Bandar Lampung), 9 Maret 1933 adalah seorang pengusaha asal Indonesia yang bergerak di bidang pangan dan peternakan. Beliau adalah pendiri Carefour, Kamfood, dan jaringan super market Kamchick.

Bob Sadino juga pernah mengalami keterpurukan dalam hidupnya, pernah menjadi kuli bangunan juga tapi awal mula beliau berwirausaha adalah dari menjual telor ayam dari rumah ke rumah. Kemudian mengembangkan usahanya menjadi usaha daging olahan yang kemudian merintis berdirinya Carefour.Sampai akhirnya beliau menjadi enterpreneur yang sangat menginspirasi bagi kita.

Di Video di bawah ini ada tips berwirausaha ala Bob Sadino :



Tips Wirausaha Bob Sadino di Acara Kick Andy


Dari video di atas Bob Sadino memberikan beberapa tips berwirausaha:

Pra kondisi (sebelum memulai usah)
  1. Hilangkan rasa takut untuk memulai apapun. Takut gak ada duit, takut gak ada modal, takut gagal, dan takut-takut lainnya.
  2. Jangan mengharap karena dibelakang harapan, setiap harapan ada kekecewaan. Jadi kalo anda berharap banyak, anda kecewa besar. Kalau anda berharap setengah-setengah, anda juga tidak terlampau amat kecewa, Tapi kalau anda gak mau kecewa maka jangan berharap.
Sandaran-sandarannya
  1. Harus Punya Kemauan. tapi kemauan ini saja tidak cukup karena semua orang juga punya kemauan.
  2. Tekad. Kemauan itu harus dibarengi dengan tekad yang bulat dan dia harus berani mengambil peluang.
  3. Harus tahan banting dan tidak boleh cengeng. Mau usaha gak ada duit, dikasi duit usaha apa ya??, dikasi usahanya, gmana pemasarannya?? kalo orang kayak gini, mati aja dah (Bob Sadino)
  4. Bersyukurlah kepada Sang Pencipta.
  5.  

2.  Chairil Tanjung

Chairil Tanjung adalah seorang pengusaha pemilik CT Corp : Trans TV, Trans7 , dan juga yang membeli perusahaan Care Four.

Nasehat singkat berbisnis menurut Chairil Tanjung bisa anda dengan menyaksikan video di bawah.


Chairil Tanjung menyatakan bahwa tips kunci kesuksesannya adalah :
  1. Hormati ibumu. Ibu itu seperti zimat karena doa ibu itu paling lempeng di ijabah oleh Allah SWT.
  2. Mulai dari sesuatu yang kecil dulu yang mampu kita lakukan dan mulailah dari sesuatu yang terdekat dengan kita dahulu. Jangan pernah bermimpi tiba-tiba, pokoknya saya harus begini besok tiba-tibaya jadi konglomerat. Harus lewat STAGING, harus melewati anak tangga terlebih dahulu

3. Saptuari Sugiharto

Saptuari Sugiharto adalah seorang pengusaha muda Indonesia. Pernah mengalami jatuh bangun dalam memulai usaha. Pernah menjadi penjual kaos, beternak ayam, dan lain-lain sampai akhirnya mendirikan usaha sablon digital yang dinamakan Jogist. Memiliki beberapa cabang yang tersebar di seluruh indonesia. Bukan karena dia termasuk seorang paling, tetapi karena dia termasuk seseorang yang sangat menginspirasi saya untuk memulai usaha.

Beberapa Tips berwirausaha dari Saptuari Sugiharto yang sangat menginspirasi antara lain:
  1. Putusin Urat Malu
  2. The Power Of Kepepet
  3. Habiskan Jatah Gagalmu
  4. Libatkan Tuhanmu
Penjelasan selengkapnya ada pada video di bawah ini

No comments:

Post a Comment