Thursday, April 14, 2016

Ma'rifatullah Jalan Nabi-Nabi

Makna dari kata ma'rifatullah secara bahasa adalah mengenal Allah SWT.

Ma'rifatullah ini bisa melalui dua jalan:
  1. Laduni. Ini adalah sangat jarang. Tidak bisa dipelajari dan hanya orang tertentu yang diberi ma'rifatullah secara laduni.
  2. Dengan cara belajar. Mendengarkan ceramah, baca Al-Qur'an, atau merenungkan kejadian-kejadian alam.
Akan tetapi dalam perkembangannya, banyak orang mempersulit makna dari ma'rifatullah itu sendiri. Ada yang bilang ma'rifat itu sulitlah, harus zikir ini itulah sampai puluhan-puluhan ribu kali, harus wirid ini itulah.

Tapi nyatanya seringkali zikir kita itu salah. Karena tujuan utama dari zikir adalah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan efek utama dari zikrullah adalah ketenangan hati.

Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingati Allah, ingatlah hanya dengan mengingati Allah hati menjadi tenteram. (Q.S Ar Ra'du : 28)

Tapi masalahnya ada orang yang melakukan zikrullah dengan tujuan yang lain yaitu untuk mendapat ilmu ini itulah, agar dihormati oranglah, termasuk juga berzikir untuk mendapat ilmu makrifatullah.

Mereka membuat seolah-olah ma'rifat itu susah, padahal sebenarnya sangat mudah karena ma'rifat ini adalah kunci dari semua ibadah.

Bagaimana bisa kita menyembah sesuatu yang tidak kita kenal dan tidak kita ketahui.

Dan seringkali efek dari zikrullah yang diajarkan oleh para mursyid bukannya membawa ketenangan dan kedamaian batin malah menjadi ajang ribut-ributan.

Kita tidak bisa munafik karena saya juga pernah zikir sampai ribu-ribuan kali . Banyak yang zikir malah menjadi tidak tenang sehingga menyimpang dari tujuan zikir itu sendiri. Bukannya mendapat ketenangan batin tapi malah merasa lebih gelisah.

Begitulah Tarikat jalan wali-wali. Dalam ma'rifat jalan wali-wali zikrullah dulu baru ma'rifatullah.

Sedangkan dalam jalan nabi-nabi, ma'rifatullah dulu baru zikrullah. Sebagaimana Rasulullah mengingatkan agar sahabat mengenalkan dulu Allah SWT kepada muallaf dan baru kemudian mereka diajarkan ibadah. 

Saya tidak menyalahkan tarekat yang ada, karena saya juga masih dalam tahap belajar.

Banyak buku yang sudah saya baca, dan kebanyakan itu adalah buku yang membahas tentang agama. Tentang spiritualitas islam. Saya juga suka membaca buku yang bercerita tentang mistik islam. Tapi walau sudah banyak membaca, saya masih tidak mengerti tentang agama islam yang saya anut.

Kenapa orang bilang, Tuhan ada dimana-mana. Sedangkan yang lain bilang Tuhan ada di atas Arsy.
Mana yang benar??

Bukannya Tuhan lebih dekat daripada urat nadi kita, tapi kenapa kita harus zikir sekeras-kerasnya. Seperti membentak-bentak Tuhan?

Kenapa pula ada orang islam yang ilmunya tinggi, tiba-tiba bisa mengaku bahwa dia adalah Allah seperti Syekh Siti Jenar padahal Rasulullah yang merupakan Rasul Ulul Azmi Kekasih Allah bahkan shalat sampai kakinya bengkak-bengkak. Ada yang tak masuk di akal disini.

Bahkan takdir adalah sesuatu yang membingungkan bagi saya. Bagaimana Tuhan Yang Maha Kuasa tidak berkuasa maksudnya di satu sisi ada takdir yang berasal dariNya sedangkan yang lain berasal dari tindakan manusia itu sendiri yang kita sebut dengan nasib.

Lalu kemudian saya belajar dari seorang ustad dari Singapura (meski hanya secara online). Setiap ada video yang baru, saya langsung download videonya dari youtube. Saya jadi paham tentang banyak hal, dan saya jadi candu.

Jika anda belum tahu cara mendownload video dari youtube, anda bisa lihat di artikel saya "cara mendownload video dari youtube "

Saya putar videonya di handphone, saya pelajari semuanya, bahkan sering juga satu video saya ulang-ulangi. Saya senang mendengar ceramahnya. Banyak ilmu yang sudah saya dapatkan.

Ilmu yang beliau ajarkan sangat sukar dipahami oleh orang awam. Tapi bagi teman-teman yang memang punya kemauan keras ingin belajar ilmu ma'rifatullah, sangat saya anjurkan untuk terlebih dahulu banyak membaca hadist dan buku-buku islami dan juga bahkan buku science.

Apa yang beliau ajarkan adalah dari Al-Qur'an jadi tidak ada yang menyimpang, walaupun bagi orang awam mungkin akan melihat ada hal yang menyimpang. Tapi cobalah anda belajar lebih banyak buku, membaca lebih banyak artikel di internet. Anda pasti mengerti bahwa tidak ada yang sesat dari yang beliau ajarkan.

Dan belakangan, saya baru tahu ternyata sudah banyak orang yang belajar dari beliau. Beliau ternyata sering juga berceramah  di Malaysia, Indonesia, China, bahkan Australia.

Ada 16 video DASAR untuk dipelajari. Bahasanya adalah bahasa Singapura. Bagi kita yang orang Indonesia masih bisa dimengertilah bahasanya.

Anda bisa lihat di situs resminya http://www.gnosticman.org/youtube/

Atau juga dengan menonton video di bawah ini. Atau mengklik link judul video untuk menonton video di youtube.

1.  Ceramah Ma'rifatullah - Sejarah


2. Ceramah Ma'rifatullah- Pembukaan pintu ma'rifatullah

3. Ceramah Ma'rifatullah- Pembersihan Minda

4. Lauhul Mahfuz Bagian ke-1

5. Lauhul Mahfuz Bagian ke-2

6. Lauhul Mahfuz Bagian ke-3( Higgs Boson Bagian 1)

7. Lauhul Mahfuz Bagian ke-3(Higgs Boson Bagian 2)

8. Hati dan Mata Hati

9. Ibadah

10. Ujian Bagian ke-1

11. Ujian Bagian ke-2

12. Penyerahan Bagian 1

13. Penyerahan Bagian 2

14. Keridhaan Bagian ke-1

15. Keridhaan Bagian ke 2

16. Maqam

Untuk mendapatkan video-video terbaru lainnya tentang ceramah ma'rifatullah anda bisa mengetikkan di youtube.com kata kunci "farhan4uc".

No comments:

Post a Comment